Kamis, 17 November 2011

Geografi (Geography)

Kota Bukittinggi terletak pada rangkaian Bukit Barisan yang membujur sepanjang pulau Sumatera, dikelilingi tiga gunung berapi yaituGunung Singgalang, Gunung Marapi dan Gunung Sago, serta berada pada ketinggian 909 – 941 meter di atas permukaan laut. Kota ini juga berhawa sejuk dengan suhu berkisar antara 16.1 – 24.9 °C. Sementara dari total luas wilayah kota Bukittinggi saat ini (25,24 km²), 82.8% telah diperuntukan menjadi lahan budidaya, sedangkan sisanya merupakan hutan lindung.
Kota ini memiliki topografi berbukit-bukit dan berlembah, beberapa bukit tersebut tersebar dalam wilayah perkotaan ini, di antaranya Bukit Ambacang, Bukit Tambun Tulang, Bukit Mandiangin, Bukit Campago, Bukit Kubangankabau, Bukit Pinang Nan Sabatang, Bukit Canggang, Bukit Paninjauan dan sebagainya. Sementara terdapat lembah yang dikenal juga dengan Ngarai Sianok dengan kedalaman yang bervariasi antara 75 - 110 m, yang didasarnya mengalir sebuah sungai yang disebut dengan Batang Masang yang bermuara di pantai barat pulau Sumatera.

Bukittinggi is located on the Bukit Barisan range that ran along the island ofSumatra, surrounded by three volcanoes is Mount Singgalang, Mount Marapi and Mount Sago, and at an altitude of 909-941 meters above sea level. The city is alsoair cool with temperatures ranging between 16.1 - 24.9 ° C. While the total area ofthe current town of Bukittinggi (25.24 km ²), 82.8% have been devoted to cultivation of land, while the rest is protected forest.
The city has a hilly topography and valley, some hills are scattered in urbanareas, among them the Mount Ambacang, Bukit Tambun Bones, Mandiangin Hill,Hill Campago, Kubangankabau Hill, Bukit Pinang Sabatang Nan, Canggang Hill, HillPaninjauan and so on. While there is a valley which is also known as Sianok canyonwith a depth that varies between 75-110 m, which on the bottom flows a river called theTrunk Masang which empties on the west coast of Sumatra island.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar